Sabtu, 31 Mei 2008

DEFINISI SCHIZOPHRENIA

schizophrenia
DEFINISI

schizoprenia adalah kekacauan jiwa yang serius ditandai dengan kehilangan kontak pada kenyataan (psikosis), halusinasi, khayalan (kepercayaan yang salah), pikiran yang abnormal dan mengganggu kerja dan fungsi sosial.

schizophrenia adalah masalah kesehatan umum di seluruh dunia. kejadian schizophrenia di seluruh dunia adalah kurang dari 1 persen, walaupun angka kejadian bisa lebih tinggi atau lebih rendah yang telah diketahui.

di amerika serikat, orang dengan schizoprenia menempati sekitar seperempat tempat tidur rumah sakit dan tinggal kurang lebih 20 hari.

schizophrenia lebih sering terjadi daripada penyakit alzheimer, penyakit gula, atau multiple sklerosis.

beberapa ciri-ciri kekacauan merupakan bagian dari gejala schizophrenia. kekacauan yang menyerupai schizophrenia, tetapi dengan gejala yang ada kurang dari 6 bulan, hal ini disebut schizophreniform.

kekacauan dengan lama kegilaan berakhir sedikitnya 1 hari tetapi kurang dari 1 bulan disebut penyakit psikosis singkat.

suatu kekacauan ditandai oleh adanya perasaan, seperti depresi atau keranjingan, serta gejala schizophrenia yang lebih khas disebut schizoaffective.

suatu kekacauan watak yang mungkin mirip dengan gejala schizophrenia, tetapi dengan gejala umum yang tidak begitu hebat seperti kriteria untuk kegilaan, disebut schizotypal kekacauan watak.

jenis schizophrenia

beberapa peneliti percaya schizophrenia adalah kekacauan tunggal, sedangkan yang lainnya percaya hal ini adalah sindrom (koleksi gejala) dari banyak sumber penyakit. jenis schizophrenia didasarkan pengelompokan pasien dengaan gejala yang sama.tetapi pada penderita secara individu, jenisnya akan berubah dengan berjalannya waktu.

schizophrenia paranoid ditandai dengan keasyikan dengan khayalan atau halusinasi pendengaran; berbicara ngawur dan emosi yang aneh menonjol.

hebephrenic atau schizophrenia tidak teratur ditandai dengan berbicara ngawur, kelakuan aneh, dan emosi datar yang aneh.

schizophrenia catatonic didominasi dengan gejala fisik seperti keadaan tak bergerak, gerak tubuh berlebihan, atau melakukan postur aneh.

schizophrenia yang tak dapat digolongkan sering ditandai dengan gejala-gejala dari semua kelompok; khayalan dan halusinasi, memikirkan kekacauan dan kelakuan aneh, dan gejala defisit atau negatif.

baru-baru ini, schizophrenia sudah diklasifikasikan berdasarkan ada tidaknya dan keparahan gejala negatif atau defisit.

pada pasien dengan jenis negatif atau defisit schizophrenia, dengan gejala negatif, seperti emosi yang datar, kekurangan motivasi, dan tidak punya tujuan yang menonjol.

pada penderita dengan non-defisit atau paranoid sizofrenia, khayalan dan halusinasi sangat menonjol, tetapi memiliki relatif sedikit gejala negatif yang terpantau.

pada umumnya, orang dengan schizophrenia non-defisit cenderung menjadi tidak parah dan lebih responsif terhadap pengobatan.

Tidak ada komentar: